Minggu, 11 November 2012

Pengenalan Jurnalis Dasar Kepada Anak



Perkembangan informasi dan komunikasi pada saat ini sudah tidak bisa dielakan lagi, informasi bisa dilakukan oleh siapa saja, kapan saja, apa saja, dan dengan cara apa saja. Di berbagai daerah banyak kita temui pelatihan-pelatihan tentang pengenalan dasar jurnalis baik untuk anak, pemuda dan dewasa. Pengenalan dasar salah satu tujuannya agar memahami serta mampu menerapkan dalam menyebaluaskan informasi.

Salah satu pengenalan dasar jurnalis ini di sampaikan oleh Lestari Indonesia, Lostcontact, dan Komunitas Asy Syarifah kepada anak usia 9-18 tahun. Dari kategori umur 9-18 tahun ini merupakan siswa-siswi Madrasah Diniyah Asy’-Syarifah Sabrang, Kalirejo, Salaman, Magelang, Jawa Tengah (Minggu,11/11/2012) dengan jumlah yang hadir 23 anak, diantaranya 5 anak laki-laki dan 18 anak perempuan.

Harapan dengan adanya pengenalan dasar jurnalis ini anak mampu mewujudnyatakan dunianya dalam bentuk tulisan serta mampu mengekspresikan hasil dari sebuah pemikiran anak dari segi pengetahuan yang ia peroleh, mampu mengolah sebuah informasi yang layak untuk di publikasikan dengan media sederna berupa mading dan pengunaan internet meliputi jejaring sosial facebook, twitter, dan blog.

Antusias siswa-siswi Madrasah Diniyah Asy'-Syarifah dalam mengikuti proses pengenalan jurnalis dasar yang disampaikan oleh Lestari Indonesia dan Lostcontack dengan lokasi pembelajaran di ruang belajar Madrasah Diniyah Asy'-Syarifah Sabrang, Kalirejo, Salaman, Magelang, Jawa Tengah, Minggu 11 November 2012. (foto: doc. Komunitas Asy'-Syarifah)

Kegiatan pengenalan dasar jurnalis ini di mulai dari pukul 11.30 WIB s.d pukul 14.30 WIB meliputi perkenalan anak dengan fasilitator, pengenalan jurnalis dasar, istirahat, praktek peliputan berita, dan evaluasi dengan menghasilkan pembuatan Mading Madrasah Diniyah Asy’-Sayrifah.
Proses perkenalan. (doc. Komunitas Asy'-Syarifah)

Pengenalan teori dasar jurnalis (doc. Komunitas Asy'-Syarifah)

Proses praktek penyusunan informasi-kelompok 1 (pembagian tugas sebelum mencari bahan berita) (doc. Komunitas Asy'-Syarifah)

Proses praktek penyusunan informasi-kelompok 2 (pembagian tugas sebelum mencari bahan berita) (doc.Komunitas Asy'Syarifah)

Semoga dengan adanya madding, anak mampu mengekspresikan dirinya dengan selalu berkarya melalui tulisan-tulisan serta gambar. Dan dengan harapan untuk kedepannya ada langkah yang lebih matang untuk mendalami tentang pentingnya sebuah informasi dan komunikasi.


Artikel Terkait:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

entri